Cara Membuat Database dengan
Excel disertai Form Entri Data
Dalam melakukan aktivitas pengisian (entri) data ke
dalam suatu tabel daftar pada Excel, kebanyakan orang lebih menggunakan form entri data untuk memudahkan pengisian jika
dibandingkan dengan mengisi tabel secara mendatar (horizontal). Berikut ini
uraian lengkap untuk mendapatkan fitur Excel tersebut.
Langkah Pertama: Membuat Tabel
Database
Sebelum Anda menggunakan fitur form
ini, terlebih dahulu Anda harus menentukan jumlah kolom tabel yang akan digunakan. Contohnya: jika Anda ingin membuat
10 kolom isian, maka Anda blok kolom A hingga kolom J, kemudian tampilkan kotak
dialog 'Create Table' dengan memilih menu:
Insert > Tables > Table
Lalu klik 'OK'. Selanjutnya Anda
tinggal mengubah tulisan 'Column1' dan seterusnya sesuai dengan judul
masing-masing kolom Anda.
Langkah Kedua: Menampilkan
Icon Form
Pada awalnya menu perintah Form ini tidak ditampilkan
pada menu di bagian sudut kiri atas (menu Ribbon), maka untuk dapat
menampilkannya ikuti langkah berikut:
1.
Klik tanda panah kecil pada menu Ribbon lalu pilih
'More Commands...' (seperti terlihat dalam gambar di atas). Selanjutnya akan
tampil kotak dialog 'Excel Options' yang menyorot menu 'Quick Access Toolbar'.
2.
Pada menu drop-down di bawah tulisan 'Choose commands
from:', pilih 'Commands Not in the Ribbon', kemudian temukan dan pilih menu
'Form...' pada kotak daftar di sebelah kiri. Selanjutnya klik tombol 'Add
>>', maka menu 'Form...' tersebut tampil di kotak daftar di sebelah
kanan.
3.
Klik 'OK' dan icon telah berhasil Anda aktifkan
(terlihat seperti pada gambar di bawah ini)
Setelah Anda melakukan langkah tersebut diatas, ketika menu icon Form Anda klik, maka form entri data ditampilkan dengan isian sesuai judul kolom tabel yang Anda buat sebelumnya.
Melalui kotak dialog form ini, Anda tidak hanya dapat membuat entri data, akan tetapi dapat pula meng-edit data yang telah tercatat pada daftar, menghapus data juga dapat mencari dan menampilkan data sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Adapun kriteria tersebut saya kasih contoh: setelah Anda meng-klik tombol 'Criteria', agar dapat menampilkan data dengan nama berawalan huruf 'J', maka pada isian Nama ketik J lalu Anda dapat mengklik tombol 'Find Next' atau 'Find Prev' untuk menampilkan data khusus yang telah terpilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar